Bunga Kering

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengulas tentang cara membuat bunga kering, tetapi maaf ..waktu itu tidak komplit dan masih kurang pengetahuannya, sekarang pengen berbagi lagi dech pengetahuan tentang membuat bunga kering siapa tahu ada yang tertarik.
Ide menulis ini sebenarnya berasal dari sebuah Plants handbook yang saya beli seharga 50 sent euro disebuah toko secondhand, duh..saya seneng banget, karena buku yang murah ini selain almost new juga bener-bener komplit membahas tentang tanaman termasuk membuat bunga kering. Okey kita mulai aja bahasan utama kita tentang membuat bunga kering,
Bahan yang dibutuhkan :
1. Bunga
2. Kertas koran
3. tali pengikat
4. gunting
5. pasir putih/kassa
6. hairspray
7. dos untuk storage

Bunga yang bisa dikeringkan banyak sekali macamnya , yang biasa atau mudah kita temui misalnya: Dahlia, Roos, Zinnia ( bunga kertas), Lavender, Helipterum ( tampak digambar atas), rumput-rumput , bunga -bunga liar ( achillea, aconitum, allium dll) krissan, artemisia dan masih banyak lagi.
-Bunga sebaiknya dipetik pada pagi hari dan setelah dipetik secepat mungkin dihindarkan dari sinar matahari.
- Kemudian ikat bunga dan digantung dengan posisi terbalik ( Upside down), jika menginginkan hanya kepala bunga saja (tanpa tangkainya) maka bunga bisa dikeringkan dalam sebuah wadah plastik berisi pasir putih atau kassa atau diletakkan diatas koran.
Bunga diletakkan terbalik fungsinya untuk membuat tangkai tetap lurus.
- Kemudian gantung dan keringkan bunga ditempat yang :
1.Tempat harus gelap
Tempat yang gelap berfungsi untuk mempertahankan warna bunga yang kita keringkan , hal ini karena proses hilangnya pigmen warna dari bunga adalah reaksi oksidasi dimana reaksi ini membutuhkan sinar dan air maka jika kita menghilangkan kandungan air didalam bunga dan menjauhkannya dari sinar maka warna bunga akan dapat dipertahankan.
2.Memiliki sirkulasi udara yang baik
3. Tidak lembab
  Tempat yang memungkinkan misalnya: Closet, garasi atau di dekat area ventilasi.
Setelah bunga menjadi kering , spray dengan hairspray untuk ekstra protection, lalu bunga kering dapat disimpan dengan menggunakan kertas koran atau didalam dos yang telah kita beri silica gel.
Duration of drying time ( lama pengeringan) tergantung pada :
1. Humidity ruangan
2. Temperatur
3. Airflow ( sirkulasi udara)
4. Type of flower ( jenis bunga)
Beberapa jenis bunga mampu kering dalam waktu 24 jam.
Bunga kering bisa kita rangkai dalam vas, buket atau untuk potpouri dll.

Okey selamat mencoba...

0 comments:

Post a Comment