Mengenal Berbagai Macam Anak Kerudung / Dalaman Jilbab

Mengenal Berbagai Macam Anak Kerudung / Dalaman Jilbab

Anak kerudung/ dalaman jilbab terkadang sering dianggap sepele oleh pemakai kerudung padahal perannya sangat penting. Fungsi anak kerudung / dalaman jilbab secara general adalah :
  • Menjaga agar rambut rapi tersimpan di balik kerudung
  • Menjaga agar kerudung bisa “diam” tidak bergerak di kepala alias tidak berantakan
  • Memperbaiki bentuk wajah
Sekarang ini pilihan untuk anak kerudung/ dalaman jilbab sudah sangat banyak dan memudahkan kita menentukan anak kerudung/ dalaman jilbab yang memenuhi 3 kriteria tadi. Di pasaran indonesia anak kerudung / dalaman jilbab yang berkembang saat ini dapat dikelompokkan ke dalam type :
  1. Anak kerudung/ dalaman jilbab ber- pet
  2. Anak kerudung/ dalaman tanpa pet
  3. Anak kerudung/ dalaman berkonde tengah atau atas
  4. Gabungan antara type 1,2 dengan type 3
KIta bahas ya yang dasar terlebih dahulu :
Anak Kerudung / dalaman jilbab ber-pet
Semua bentuk wajah cocok mengenakan anak kerudung/ dalaman jilbab ber-pet. Fungsi anak kerudung/ dalaman jilbab ber-pet berdasarkan bentuk wajah:
  • Wajah OVAL : semakin cantik semakin membentuk wajah si oval.
  • Wajah PANJANG :  memperindah bentuk kening.  Kening yang lebar dan tinggi bisa terlihat lebih kecil
  • Wajah BULAT : bisa mengangkat kedudukan kerudung sehingga bentuk wajah terlihat lebih terbuka dan lebih memanjang
  • Wajah KOTAK : bisa membuat wajah terlihat lebih panjang
  • Wajah SEGITIGA : dipadukan dengan bandana yang bervolume di bagian samping dan atas untuk memberikan kesan kening lebih terangkat.
Berbagai macan ciput dalaman ber-pet bisa dilihat di bawah ini:
Ciput dalaman Tali: Paling umum digunakan oleh wanita muslimah indonesiaAnak Kerudung Paris : Unik, berguna melindungi bagian tengkuk belakang pada saat Anda mengenakan kerudung paris atau kerudung persegi empat/ panjang lainnya agar bayangan leher tidak tampak
Ciput Winner : Ciput winner ini di bagian belakangnya ada kantong yang bisa dimasukkan gumpalan kain untuk membentuk cepol/ konde yang memperindah siluet bagian belakang Anda agar tampak lebih feminim

Anak Kerudung / dalaman jilbab tanpa pet
Anak kerudung jilbab tanpa pet berciri tepian anak kerudung langsung menempel pada bagian kening. Saran pemakainnya untuk berbagai jenis wajah adalah sebagai berikut:
  • Wajah OVAL : Semua model anak kerudung termasuk ciput dalaman tanpa pet cocok dikenakan
  • Wajah PANJANG :  Berfungsi untuk membuat wajah Anda semakin pendek
  • Wajah BULAT : tetap bisa menggunakan ciput dalaman tanpa pet dengan mengenakannya sedikit terlihat saja di balik kerudung tanpa menutupi banyak dahi Anda.  Dengan memadankannya dengan kerudung dijepit di bagian depan, gaya ini dapat membantu membuat wajah Anda yang bulat terlihat lebih panjang.
  • Wajah KOTAK : Sebaiknya tidak menggunakan ciput jenis ini atau bisa menggunakannya tapi jangan menutupi dahi sama sekali karena yang perlu ditutupi untuk wajah kotak adalah bagian pelipis hingga telinga dekat rahang.
  • Wajah SEGITIGA : Bisa menggunakan ciput ini dengan memadukan kerudung model ditarik ke belakang bertemu di tengkuk agar bagian rahang Anda lebih terbuka.
Berbagai macan ciput dalaman tanpa pet bisa dilihat di bawah ini:
Ciput dalaman arab/ anak kerudung syiria/ ciput arab. Bentuknya menyerupai bandana besar  yang  terbuka di bakian atas dan bawah.Varian lain dari ciput dalaman arab adalah ditambahkannya payet press pada ujung dalaman yang mempermanis tampilan ciput dalaman arab ini
Ada lagi varian lainnya dari ciput dalaman arab yakni ciput dalaman arab dua warna sehingga pemakainya terlhiat seperti memakai 2 jenis kerudung yang berbedaCiput Renda, sama fungsinya dengan ciput dalaman arab tetapi bahan yang digunakan adalah brokat yang bisa melar dan menyesuaikandengan bentuk kepala Anda. Bagian belakangnya sudah tertutup, biasanya ada yang memakai tali pada bagian belakang.

Anak Kerudung / dalaman Berkonde
Ciput Dalaman Berkonde, berfungsi untuk membentuk siluet kepala Anda agar lebih terlihat feminim. Model anak kerudung/ dalaman jilbab seperti ini sangat berguna untuk wanita muslimah yang mempunyai rambut pendek, tipis ataupun ingin menambah volume bagian belakang kepala agar lebih terlihat sempurna.

0 comments:

Post a Comment